Kendaraan Transportasi dari Balikpapan ke Penajam Paser Utara

Sejak diumumkan sebagai ibukota baru, kini Penajam dan Samboja mulai banyak dikunjungi orang dari berbagai kota. Apa pilihan kendaraan transportasi menuju ke Penajam Paser Utara?


Transportasi dari Balikpapan ke Penajam Paser Utara

1. Naik Kapal Ferry
Jika anda berangkat dari bandara SAMS di Balikpapan, pelabuhan ferry yang terletak di Kariangau bisa ditempuh naik mobil sekitar 40 menit hingga 1 jam perjalanan.

Sesampainya di pelabuhan ferry anda bisa langsung beli tiket di loket, lalu (jika tidak antri) bisa langsung naik ke kapal ferry. Lama perjalanan kapal menuju pelabuhan Penajam sekitar 1 jam.

Harga tiket kendaraan naik kapal ferry:

- Sepeda motor sekitar Rp 12 ribuan
- Mobil pribadi roda 4 sekitar Rp 270ribuan
- Mobil pickup roda 4 sekitar Rp 200ribuan

Mengapa saya tulis "sekitar" dan tidak ditulis angka pastinya? Karena saya yang sering naik kapal ferry ini tau betul bahwa terkadang ada kenaikan harga yang tidak bisa diprediksi kapan waktunya. Tetapi angkanya tidak terlalu jauh dengan yang tertulis diatas.

Jadwal Kapal Ferry Balikpapan ke Penajam

Penyeberangan selalu ada selama 24 jam dengan durasi penyeberangan sekitar 1 jam sekali. Sehari hari kapal ferry ini memuat kendaraan sepeda motor, kendaraan roda 4, roda 6 hingga roda 10.

2. Naik Speed Boat
Pelabuhan kapal speed boat ini berada di jalan kampung baru tengah. Lama perjalanan naik speed boat dari Balikpapan ke Penajam sekitar 15 - 20 menit. Ini hanya bisa muat 5 - 7 orang dan barang barang bawaan ringan.

Kapal speed boat mulai beroperasi jam 5 pagi sampai jam 6 sore. Kalau malam hari jarang ada yang beroperasi karena gelombang laut mulai tinggi. Kalaupun ada yang berani melintas saat malam itu karena dicarter dengan biaya yang lebih tinggi dibanding saat pagi - sore.

3. Naik Kapal Kayu / Kapal Klotok
Ini adalah kapal kayu tradisional bermesin diesel dengan suara yang lumayan berisik, hehehe... Warga setempat menyebutnya "kapal klotok". Lokasi dermaga kapal klotok ini juga di kampung baru, bersebelahan dengan dermaga speed boat.

Tarif naik kapal klotok lebih murah daripada naik speed boat. Dengan kapal klotok waktu tempuh ke penajam sekitar 30 menit.

Kapal klotok bisa muat penumpang 10 - 15 orang, juga muat beberapa sepeda motor dan barang penumpang lainnya.

3. Lewat Darat
Melalui KM 38 (bukit soeharto). Ini adalah opsi terakhir yang jarang dipilih orang yang ingin ke Penajam dan sebaliknya. Selain jarak tempuhnya yang lama (3-4 jam), jalan ini cukup sempit, curam, naik turun gunung, banyak jurang di kiri kanan dan sebagian rusak.

Apalagi jika perjalanan malam hari, sangat jarang kendaraan yang berani melintas karena suasana sepi, gelap dan sangat jarang ketemu lampu penerangan jalan.

Yang berani lewat disini umumnya adalah para sopir tronton dan truk yang biasanya jalan beriringan di malam hari.

0 Response to "Kendaraan Transportasi dari Balikpapan ke Penajam Paser Utara"

Posting Komentar

Silahkan bertanya, berkomentar atau berpromosi asalkan berkaitan dengan tulisan di atas. Mohon tidak menambahkan Live Link / Link Langsung. Terima Kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel