Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengirim Paket Lewat JNE Bagi Pemula, Mudah Banget

cara mengirim paket lewat jne

Bagaimana cara mengirim paket lewat JNE bagi pemula? Mau kirim paket barang, baju atau apapun itu, caranya sangat mudah lho... Berikut ini cara mengirim barang ke luar kota lewat JNE.

Cara mengirim paket lewat JNE

Untuk pengiriman barang berupa paket biasa anda bisa mengikuti panduan di bawah ini, tetapi untuk barang cairan ataupun hewan hidup sebaiknya baca tulisan saya sebelumnya berjudul apakah JNE bisa mengirim cairan dan apakah JNE bisa mengirim hewan hidup.

Oke lanjut... bagaimana cara mengirim paket baju atau paket barang biasa lewat JNE? Berikut ini langkahnya:

- Langkah pertama, bungkus barang.
Bungkuslah barang dengan seluruhnya tertutup rapi. Soal kerapian bungkus barang ini sangat penting untuk menghargai penerima barang. Apalagi jika anda penjual toko online seperti Shopee, Tokopedia dan Bukalapak maka faktor kerapian ini juga akan mempengaruhi kredibilitas toko anda.

Soal bungkus barang tentu disesuaikan dengan barang yang akan dikirim. 

Contoh:

  • Jika mengirim paket baju hanya beberapa lembar maka bisa menggunakan bungkus plastik warna hitam, lalu di lakban menggunakan lakban bening / transparan.
  • Kirim boneka sebaiknya menggunakan dus.
  • Kirim laptop sebaiknya gunakan tas laptop yang dibungkus + packing kayu.
  • Kirim makanan / kue kering sebaiknya dibungkus plastik lalu dimasukkan dus.
  • Kirim HP sebaiknya dimasukkan dus + packing kayu.
  • Pengiriman dokumen gunakan amplop besar warna coklat.

Dan seterusnya... sekali lagi bungkus barang sesuaikan dengan barang yang akan dikirim.

- Langkah kedua, timbang barang.
Kita harus menimbang berat barang agar tidak salah menghitung ongkos kirimnya. Yang dimaksud berat barang adalah berat total termasuk bungkus / packingnya.

Untuk barang pecah belah sebaiknya di packing kayu dan pihak JNE juga menerima jasa packing kayu tanpa dikenakan tambahan biaya. Anda hanya akan dikenakan tambahan biaya akibat penambahan berat kayunya saja. Baca tulisan saya berjudul apakah JNE bisa packing kayu.

- Langkah ketiga, ketahui ongkos kirim.
Ingat, kita harus mengetahui nama kecamatan alamat tujuan tsb sebab beda kecamatan beda ongkos kirimnya.

Setelah itu kita cek ongkos kirim barang via aplikasi my JNE (bisa download di Google PlayStore) ataupun lewat website resmi JNE disini.

Untuk ongkos kirim JNE ada beberapa pilihan, mulai yang murah, sedang dan mahal tergantung lamanya waktu pengiriman. Soal jenis layanan silahkan baca arti JNE reg.

Mengetahui ongkos kirim ini penting, jangan sampai di depat loket JNE ternyata uang yang kita bawa kurang, bakal malu kan, hehehe...

Cara menulis alamat paket barang JNE

Agar rapi, penulisan alamat sebaiknya ditulis di kertas putih saja menggunakan tulisan tangan pakai pulpen biasa atau boleh juga pakai mesin printer. 

Untuk penulisan alamat sebaiknya hindari menggunakan spidol karena terkesan asal asalan dan kurang rapi dibacanya.

Di kertas putih tsb tulislah secara lengkap:

- Nama penerima
- Alamat lengkap
Meliputi nama jalan, RT/RW dan nomor rumah, kelurahan, kecamatan, kode pos (jika mengetahui), nama kota / kabupaten dan provinsi.
- Nomor HP penerima

Untuk penulisan pengirim boleh hanya menuliskan nama dan nomor HP saja, atau kalau ditulis lengkap akan lebih baik lagi.

- Langkah ke empat, bawa barang ke counter JNE.
Untuk lokasi counter / kantor cabang JNE terdekat bisa anda cari via Google atau Google map. Oh iya, sebelum berangkat perhatikan hari dan jam kerja JNE.

Jika sudah ketemu counter JNE, serahkan kiriman barang ke petugas untuk ditimbang beratnya. Anda juga akan ditanya barang tsb akan dikirim menggunakan layanan JNE OKE, Reguler ataukah YES.

Kemudian anda bisa memilih kiriman menggunakan asuransi ataukah tidak. Tetapi saran saya jika barang tsb berharga mahal atau barang pecah belah sebaiknya gunakan asuransi sehingga jika terjadi kerusakan atau barang hilang maka kita akan mendapatkan penggantian penuh seharga barang tsb.

Setelah melakukan pembayaran anda akan mendapat resi pengiriman berupa angka tertentu. Bagaimana tampilannya? Silahkan lihat contoh resi JNE.

Selain sebagai bukti tanda terima barang, fungsi resi JNE adalah untuk pelacakan status kiriman barang kita sudah sampai di titik mana. Untuk pelacakan (tracking) kiriman bisa anda lihat di aplikasi myJNE atau check di website resminya JNE langsung.

Pengalaman saya mengirim paket lewat JNE

Sebagai penjual barang secara offline dan online, sudah sangat sering saya mengirim paket lewat JNE ini. Dan JNE selalu menjadi prioritas saya dalam urusan mengirim barang. Karena selain cepat sampai juga tarifnya bersaing dengan expedisi sejenis.

Tetapi yang ingin saya ceritakan adalah adanya area abu abu untuk pengiriman barang ini. 

Yang saya maksud abu abu adalah ketidakjelasan antara dibolehkan ataukah dilarang barang tsb dikirim via JNE.

Barang yang masuk area abu abu ini misalnya cairan biasa, madu, cairan kimia. Selain itu juga bahan kimia seperti tawas, kaporit dan  sejenisnya.

Sudah sering saya kirim paket tsb lewat JNE tetapi selalu ditolak dengan alasan takut bocor atau dilarang pihak bandara.

Tetapi anehnya kalau saya pesan bahan bahan yang saya sebutkan diatas dan membelinya lewat marketplace selalu saja bisa dikirim lewat JNE tanpa pernah ada penolakan, dan barang saya terima dengan kondisi baik di rumah.

Jadi jika anda hendak mengirim barang bentuk cairan atau bahan kimia sebaiknya datangi dulu kantor JNE untuk menanyakan boleh atau tidaknya barang tsb dikirim?. 

Jangan sampai anda sudah capek capek packing barang tetapi ditolak dengan alasan yang saya ceritakan diatas.

Informasi ini hanyalah untuk sharing pengalaman saja...

Oke, demikianlah cara mengirim paket lewat JNE bagi pemula. Mudah bukan? Jika ada pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar. Terima kasih.

Posting Komentar untuk "Cara Mengirim Paket Lewat JNE Bagi Pemula, Mudah Banget"