Seriusi Hobi Foto Anda dengan Mendirikan Perusahaan Jasa Fotografi

perusahaan jasa fotografi

Banyak yang mengatakan bahwa menjalankan hobi sebagai pekerjaan atau profesi adalah hal menyenangkan. Jika Anda suka fotografi, tak ada salahnya mencari peluang bisnis dengan membuka perusahaan jasa fotografi.

Peluang membuka jasa fotografi ini terlihat dari kebiasaan masyarakat modern untuk mengabadikan momen-momen bahagia mereka. Misal, foto pre-wedding yang kini hampir dilakukan semua pasangan sebelum melangsungkan pernikahan.

Sama seperti perusahaan yang bergerak di bidang jasa lainnya, Anda perlu melakukan persiapan yang matang. Kemampuan fotografi yang Anda miliki harus selaras dengan kemampuan berwirausaha yang ada dalam diri Anda.

Memulai Rencana Mendirikan Perusahaan Jasa Fotografi

Tahapan di bawah ini bisa anda ikuti step by step sampai perusahaan berhasil anda dirikan:

Belajar Teknik Fotografi
Pada dasarnya, semua orang bisa mengambil gambar dengan kamera baik dari handphone maupun kamera DSLR. Namun, belum tentu semua penyuka fotografi memahami teknik pemotretan untuk menghasilkan foto yang berkualitas.

Jika ingin menekuni bidang fotografi secara profesional, Anda harus serius mempelajarinya. Anda perlu menunjukkan kepada klien bahwa kemampuan teknik fotografi yang Anda punya lebih berkualitas daripada fotografer amatir.

Langkah persiapan paling mendasar ini tidak butuh modal cukup besar. Video tutorial mengenai teknik fotografi bisa dapat Anda peroleh secara cuma-cuma melalui situs Youtube.

Jika punya modal lebih, Anda dapat membeli buku dan belajar teknik fotografi melalui literasi. Kemudian, ikuti pelatihan dan seminar tentang fotografi untuk mendapatkan sertifikasi.

Namun, semua pembelajaran teori tersebut akan sia-sia jika Anda tidak mempraktekkannya sendiri. Perluaslah pengalaman dan wawasan Anda tentang dunia fotografi dengan bergabung dalam komunitas fotografer.

Anda dapat menemukan komunitas tersebut melalui pencarian di internet. Ketiklah komunitas fotografi sesuai lokasi di mana Anda berada saat ini.

Pilihlah komunitas resmi yang menyediakan wadah untuk berdiskusi dan berinteraksi. Dengan berbagi pengalaman dan aktif mengikuti kegiatan maka Anda pun semakin mendalami ilmu fotografi seutuhnya.

Satu keuntungan tambahan yaitu Anda dapat memperluas jaringan bisnis fotografi Anda kelak. Carilah rekan-rekan yang memiliki tujuan serupa untuk mendirikan perusahaan jasa yang bergerak di bidang jasa fotografi.

Semakin luas jaringan pertemanan maka konektivitas Anda di bidang jasa fotografi akan semakin baik. Memasarkan jasa fotografi bentukan Anda sendiri akan terbantu dengan mudah melalui relasi sesama fotografer.

Persiapan Peralatan
Peralatan fotografi bukan sekadar kamera DSLR. Ada beberapa peralatan lainnya yang perlu diperlengkapi untuk mendukung bisnis fotografi. Peralatan ini pun perlu disesuaikan dengan lokasi pengambilan gambar di dalam atau di luar studio.

Selain kamera, Anda perlu memiliki perlengkapan lainnya seperti lensa, lampu studio, softbox, flash eksternal, payung reflektor, standar reflektor, kabel sinkronisasi, trigger, tripod dan monopod.

Dengan modal minim, Anda tetap dapat memperoleh peralatan fotografi tersebut. Anda cukup mencari jasa persewaan alat fotografi yang menawarkan harga terjangkau. Sebelum menyewa, pastikan kondisi alat dapat berfungsi optimal.

Susun Anggaran
Untuk mendirikan perusahaan yang menjual jasa fotografi, Anda juga perlu menyusun anggaran secara rinci. Dengan adanya perencanaan anggaran maka Anda akan lebih berhati-hati dalam mengeluarkan modal.

Hal ini juga berlaku bila Anda berniat mengajukan pinjaman sebagai modal awal untuk membangun perusahaan jasa fotografi. Anda harus memperhitungkan cara pengembalian pinjaman tersebut dengan keuntungan yang akan diperoleh kelak.

Penyusunan anggaran juga dibutuhkan bila Anda berencana untuk membangun tim. Misal, Anda membutuhkan kru yang dapat memasang peralatan, menyunting dan mencetak hasil foto.
Detail anggaran dapat dimulai dari biaya transportasi, biaya produksi, sewa studio dan gaji kru. Seluruh biaya komponen tersebut akan menjadi landasan Anda untuk menetapkan biaya jasa fotografi yang akan ditawarkan kepada konsumen.

Ciptakan Portofolio Terbaik
Kreativitas dan kemampuan fotografi Anda hanya dapat diketahui banyak orang melalui portofolio. Konsumen akan lebih tertarik bila Anda memperlihatkan hasil karya fotografi yang menjadi bukti nyata dari kepiawaian Anda.

Portofolio juga mewakili pengalaman Anda dalam melakukan jenis pemotretan. Semakin portofolio Anda memberikan kesan terbaik, calon pelanggan Anda akan semakin percaya dengan kemampuan Anda.

Pilihlah kreasi foto yang menampilkan teknik fotografi yang unik dan berlainan satu sama lain. Kredibilitas perusahaan fotografi yang Anda ciptakan pun semakin baik dengan keindahan portofolio yang Anda tampilkan.

Portofolio juga memudahkan konsumen dalam memilih jenis foto dan pemotretan yang dikehendakinya. Anda dapat menampilkannya di situs atau blog perusahaan Anda sendiri sehingga lebih terjamin dari segi profesionalitas.

Untuk membantu pemasaran jasa fotografi, Anda juga perlu memanfaatkan media sosial. Tampilkan karya foto terbaik Anda di Facebook, Instagram atau situs foto online yang memudahkan akses bagi banyak orang untuk melihatnya.

Konsep Bisnis Fotografi
Ada berbagai jenis konsep yang dapat Anda bangun pada perusahaan yang menjual jasa fotografi. Salah satu ide sederhananya adalah Anda memberikan bantuan kepada konsumen untuk merekam momen-momen berharga mereka.

Sebelumnya disebutkan mengenai foto pre-wedding. Anda pun dapat mengemasnya menjadi satu paket dengan momen pelaksanaan pernikahan. Beberapa acara pernikahan bahkan membuka photo booth sebagai souvenir.

Foto maternity (kehamilan) juga ramai dicari-cari pasangan muda. Selain itu, Anda juga dapat mengembangkan bisnis fotografi bayi baru lahir (newborn baby) yang menarik perhatian orangtua baru.

Perkembangan kuliner di Tanah Air juga membuka peluang bagi Anda untuk menyediakan jasa food photography. Kumpulan foto yang menampilkan kelezatan makanan akan menarik minat klien yang baru membuka bisnis makanan.

Bisnis fotografi juga dapat menyasar potensi klien besar seperti perusahaan multinasional. Anda dapat melayani jasa pemotretan untuk pembuatan company profile perusahaan. Portofolio akan sangat bermanfaat untuk konsep fotografi ini.

Testimonial Klien
Untuk melengkapi kredibilitas perusahaan di bidang fotografi, lengkapi pula dengan respons para klien yang memakai jasa Anda. Semakin Anda sering mendapatkan tanggapan klien maka akan memudahkan evaluasi bisnis.

Testimoni klien Anda pun akan memberikan manfaat lain bagi perusahaan jasa fotografi yang Anda dirikan. Kepercayaan klien terhadap jasa Anda dan tim akan meneguhkan perusahaan Anda berdiri semakin lama.

Posting Komentar untuk "Seriusi Hobi Foto Anda dengan Mendirikan Perusahaan Jasa Fotografi"