Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apakah JNE, TIKI dan J&T Bisa Mengirim Cairan?

Ingin mengirim barang cair? Ketahui dulu apakah JNE, TIKI dan J&T bisa mengirim cairan ke antar kota dan luar pulau. Kalaupun bisa apa persyaratannya?
jne tiki dan jnt menerima barang cair
Gambar diatas diambil dari marketplace yang menjual produk tsb
Sebagai pengirim barang sebaiknya mengetahui apakah expedisi yang akan kita gunakan menerima paket berupa cairan atau tidak?

Apakah JNE, TIKI dan J&T bisa mengirim cairan?

Jawabannya adalah BISA. Tetapi juga harus mengikuti persyaratan jenis cairan yang akan dikirim. Aturan ini dibuat karena barang jenis cairan beresiko merusak barang kiriman lainnya saat proses pengiriman oleh pihak expedisi tsb.

Berikut ini ketentuannya:

Cairan Biasa (non kimia)
- Kemasan botol plastik
Cairan yang dikemas dalam botol plastik ukuran kecil yang rapat dan aman maka bisa dikirim melalui JNE, TIKI dan J&T. Jenis cairan ini tidak wajib di packing kayu. Tetapi juga boleh dipacking kayu agar lebih aman.

Cairan biasa ini banyak dipesan dan diperjual belikan di banyak marketplace dan bisa dikirim via JNE, TIKI dan J&T.

Untuk cairan yang dikemas dalam botol plastik ukuran 1 liter keatas maka sebaiknya dipacking kayu agar aman. Untuk expedisi JNE menerima jasa packing kayu tanpa biaya tambahan, hanya saja anda harus menambah biaya berat barang sesuai berat kayu tambahan tsb.

- Kemasan botol kaca / beling
Untuk cairan biasa non kimia yang dikemas dalam botol kaca / beling maka wajib di packing kayu agar aman. Ini untuk mencegah resiko botol pecah yang tentu cairan yang tumpah akan merusak barang kiriman lainnya.

Cairan Desinfektan
Jika cairan untuk sterilisasi tangan (hand sanitizer), lantai, ruangan yang bukan cairan yang berbahaya dan tidak meledak maka aturannya sama dengan cairan biasa. Khusus untuk botol beling harus tetap di packing kayu agar aman.

Cairan Kimia
Untuk jenis cairan kimia terus terang penulis melihat ini termasuk wilayah abu abu antara dilarang dan tidak dilarang. Sebab kalau dilihat dari barang yang dijual di marketplace banyak sekali bahan kimia  cair dan padat yang dijual dan jasa pengirimannya menggunakan JNE, TIKI, kantor pos dan J&T.

Oleh karena itu sebelum mengirim paket berupa barang cair sebaiknya tanyakan dulu ke expedisi yang akan anda gunakan. Atau khusus untuk JNE bisa bertanya langsung ke nomor telepon JNE yang akan dijawab oleh customer service.

Baca juga:
- Nomor telepon JNE samarinda
- Nomor telepon JNE bontang

Catatan penting dari penulis:
Pengiriman barang berupa cairan ini masuk wilayah abu abu, antara dilarang dan tidak dilarang. Penulis pernah ditolak saat akan mengirim barang cair (bukan kimia) ke luar pulau. Petugas di counter dengan tegas menolak kiriman cairan dan mengatakan itu sudah peraturan perusahaan katanya. Pindah ke counter lain juga ditolak dengan alasan yang sama.

Tetapi anehnya penulis sudah sering order barang cair biasa dan juga bahan kimia padat ke marketplace dan selalu dikirim via udara 3-4 hari sudah sampai ke rumah, ya lancar lancar aja tuh nggak ada masalah...


Demikian penjelasan apakah JNE, TIKI dan J&T bisa mengirim cairan? Sekali lagi jika ada keraguan sebaiknya hubungi kantor expedisi jasa pengiriman tsb.

10 komentar untuk "Apakah JNE, TIKI dan J&T Bisa Mengirim Cairan?"

  1. Kirim parfum isi botol kaca,bisa dikirim gk ya dari tangerang ke batam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa dikirim asalkan di packing dengan aman untuk menghindari resiko pecah di perjalanan.

      Tetapi masalah pengiriman barang cair ini masuk wilayah abu abu, tidak jarang counter expedisi menolak kiriman barang cair.

      Tetapi anehnya kalau kita pesan barang cair (termasuk parfum) di marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, dll bisa dikirim ke seluruh Indonesia.

      Hapus
    2. barusan ngirim barang pake j&t ke rumah, udah bayar 350k (berat paket 4,6kg). ga lama dr situ ditelpon sama orang j&t dan dibilang ga boleh ada cairan jadinya 1 lotion pesenan mamaku, serum rambut dan obat telinga pesenan kakakku dikeluarin. yang paling aneh yg serum rambut 10ml juga dikeluarin padahal udah dibungkus rapat juga biar aman. nyampe j&t, paketku lagi dibungkus ulang. hmm agak gimana yak, harusnya nunggu aku dulu baru dibuka paketnya kalo memang setelah di scan ada cairan.

      Hapus
  2. Kirim minuman black label bis gk yh

    BalasHapus
  3. ane mau kirim susu cair nih ukurang 1 liter, bisa ga ya kira2 pakai JNE min??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bisa, asalkan di packing kayu sendiri atau bisa juga minta packing kayunya di counter JNE. Terima kasih

      Hapus
  4. Saya ngirim produk perawatan wajah cair antar pulau, J&T gamau nerima..LAH tapi saya tanya temen saya (beda kota), dia bebas pakek J&T, JNE, ID Express sampe ke Sulawesi, Maumere, Kalimantan
    TERUS KENAPA SAYA GAK DIBOLEHKAN????😭😭

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga pihak J&T mau memberi tanggapan atas pengalaman (rasa ketidakadilan) yang anda alami.

      Hapus
  5. Kalau kirim jus di botol plastik 250ml bisa ga min?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Inilah yang masuk wilayah abu abu, antara boleh dan tidak boleh. Seringkali petugas counter JNE menolak menerima kiriman barang cair termasuk jenis juice (kecuali anda seller di Tokopedia, Bukalapak, Shopee dan sejenisnya).

      Seringkali saya menanyakan hal ini ke pihak expedisi, tetapi jawabannya selalu sama "yang menolak kiriman barang cair adalah pihak bandara".

      Oke, itu masuk akal karena mungkin dikhawatirkan akan terjadi kebocoran/pecah kemasan barang tsb sehingga akan merusak paket kiriman yang lain sekaligus akan membahayakan penerbangan.

      Tetapi rupanya pihak bandara mengecualikan untuk penjual di marketplace karena ada ribuan bahkan mungkin ratusan ribu kiriman barang cair SETIAP HARINYA yang dipesan dari marketplace ke pembeli di seluruh penjuru Indonesia.

      Bentuk barang cair tsb misalnya madu, shampo, cairan desinfektan, minyak wangi, cairan buffer, cairan untuk kalibrasi, oli, minyak goreng, susu, dll.

      Terbukti seller di marketplace tsb aman aman aja untuk mengirim barang cair via udara ke seluruh penjuru Indonesia, bukan hanya menggunakan JNE, tapi juga AnterAja, TIKI, dll.

      Semoga ada "keadilan" dan penyelesaian yang baik atas masalah pengiriman barang cair ini, khususnya untuk non penjual di marketplece.

      Hapus

Silahkan bertanya, berkomentar atau berpromosi asalkan berkaitan dengan tulisan di atas. Mohon tidak menambahkan Live Link / Link Langsung. Terima Kasih