Apakah JNE Bisa Bayar di Tempat Tujuan (COD) Atau Tidak?

Apakah kalau kirim barang via JNE bisa bayar di tempat tujuan (COD) setelah barang diterima atau tidak? Baca selengkapnya biar tidak gagal paham ya...


JNE Bisa COD atau Tidak?

Jawabannya: BISA! Tetapi layanan COD terbagi menjadi 2, yakni:
- Hanya ongkos kirimnya saja yang bayar tujuan
- Ongkos kirim + harga barang yang dibayar tujuan.

Sementara ini untuk yang jenis yang pertama bisa dilayani di seluruh Indonesia, sementara untuk COD ongkir & harga barang hanya baru bisa dilayani untuk pulau jawa saja.

Jika anda pesan barang di toko online A dan pengirimannya via expedisi JNE, maka barang yang anda beli di toko online A tsb sudah harus anda transfer lunas ke penjual barang tsb. Sementara untuk biaya kirimnya bisa dibayar tujuan (COD) jika barang sudah ditangan penerima / pembeli barang.

Dengan kata lain, JNE COD hanya untuk ongkirnya saja...

Biaya Layanan JNE COD

Untuk layanan JNE COD wilayah pulau jawa tidak dikenakan tambahan biaya apapun dan hanya membayar sesuai dengan berat barang kiriman tsb.

Tetapi untuk luar pulau jawa sementara ini masih dikenakan tambahan biaya administrasi yang besarnya bisa anda tanyakan ke counter JNE pada saat anda mengirim barang.

Baca juga:
- Apakah JNE bisa kirim hewan
- Hari apa saja JNE kirim barang

Cara Mendapatkan Layanan JNE COD

Tidak ada cara khusus daftar JNE COD. Anda hanya mendatangi counter JNE (sambil membawa barang yang akan dikirim) lalu katakan saja ke petugasnya bahwa anda minta ongkirnya COD. Nanti anda akan diberi resi khusus COD.

Baca juga:
- Nomor telepon JNE Balikpapan

Bisakah Toko Online Bekerjasama Dengan JNE?

Untuk layanan Cash On Delivery anda bisa mendatangi kantor cabang JNE terdekat untuk membicarakan teknis sistem pengiriman COD ini. Apakah yang bayar tujuan hanya ongkos kirimnya saja ataukah bisa ongkos kirim + harga barangnya sekalian?

Bayar JNE COD menggunakan DANA

Dana adalah layanan keuangan digital yang berbasis di Jakarta. Fungsinya adalah untuk beragam pembayaran non tunai. Kini DANA telah bekerjasama dengan JNE untuk pembayaran layanan COD.

Keuntungan layanan bayar saat terima barang
Masalah kebiasaan masyarakat Indonesia yang suka belanja langsung melalui tatap muka ketemu penjual dan bisa pegang barang yang akan dibeli, lalu kebiasaan tsb berubah menjadi pembelian jarak jauh tanpa tatap muka dan pembayaran melalui transfer ke penjual yang tidak dikenalnya.

Ini sedikit banyak tentu menimbulkan keraguan atau ketidakpercayaan di benak pembeli, apalagi sebelumnya sangat sering terjadi penipuan dari transaksi online yang menimbulkan kerugian di pihak pembeli dan bagi yang pernah mengalami tentu menimbulkan trauma sehingga tidak mau lagi belanja online.

Nah, untuk menjembatani hal itu sejak beberapa tahun lalu banyak marketplace yang "berani" melayani pembeli dengan sistem bayar saat barang diterima. Ini secara tidak langsung akan meningkatkan jumlah penjualan secara signifikan, dari yang semula ragu membeli menjadi lanjut bertransaksi.

Tetapi mengapa saya katakan "berani"? Di sisi pembeli layanan bayar saat terima barang ini sangat menguntungkan dan menghilangkan keraguan saat bertransaksi, tetapi di sisi penjual layanan ini termasuk beresiko tinggi.

Kenapa?

Akan potensi penolakan pembayaran sepihak dari pihak pembeli di karenakan alasan yang yang masuk akal dan alasan yang dicari cari, misalnya alasannya sbb:

- Barangnya kelamaan datangnya
- Tidak mau bayar karena sudah beli di tempat lain
- Sedang tidak punya uang untuk membayar saat barang tsb datang
- Barang yang datang tidak sesuai dengan gambar yang ada di website penjualnya
- Warna barang tidak sesuai pesanan
- Barangnya bengkok, rusak atau cuil sedikit
- Dan alasan lainnya

Penolakan pembayaran tentu merugikan pihak penjual barang karena sudah repot repot packing barang, kirim barang dan juga keluarnya barang tsb sudah dicatat di pembukuan si penjual. Tentu jika ada barang yang kembali (retur) akan mengacaukan pembukuannya.

Selain penjual, kerugian ini juga dialami pihak expedisi yang proses pengiriman barang memerlukan waktu, biaya dan tenaga.

Demikian ulasan singkat ini semoga bisa menjawab pertanyaan apakah JNE bisa COD atau tidak? Semoga membantu...

8 komentar untuk "Apakah JNE Bisa Bayar di Tempat Tujuan (COD) Atau Tidak?"

  1. Balasan
    1. Coba anda datangi kantor cabang JNE terdekat dan utarakan maksud anda untuk bekerjasama dalam layanan COD.

      Hapus
  2. Oh iya min saya mau tanya kalo mau ngirim barang tp ongkir nya ditanggung pembeli bilang nya gmna ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bisa... JNE melayani pengiriman bayar tujuan atau COD. Dengan kata lain pembeli barang yang membayar ongkos kirimnya.

      Hapus
  3. Ka apakah jne bisa ongkir bayar di tempat? Kemudian untuk penjual tidak membayar ongkir kan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya JNE bisa bayar di tujuan dan penjual barang tidak membayar ongkir

      Hapus
  4. Kak sy mau tanya pembayaran cod itu kan pembayaran dengan kurir..terus pejual itu gimana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anda penjual barang? Untuk pembayaran barang pihak pembeli harus transfer LUNAS dulu ke anda sebagai pemilik barang. Nah, ongkos kirimnya yang bisa bayar tujuan (COD) menggunakan JNE.

      Jadi sekali lagi yang bisa bayar tujuan hanya ongkirnya saja.

      Atau jika anda penjual toko online dan ingin barang + ongkir juga bisa bayar tujuan maka sebaiknya anda mendatangi kantor cabang JNE terdekat di kota anda untuk membicarakan masalah ini.

      Sebab menurut informasi yang saya ketahui layanan bayar COD untuk barang + ongkir sementara ini baru tersedia di beberapa kota besar di Indonesia.

      Hapus

Posting Komentar

Silahkan bertanya, berkomentar atau berpromosi asalkan berkaitan dengan tulisan di atas. Mohon tidak menambahkan Live Link / Link Langsung. Terima Kasih