Sulit Membuat Pembukuan? Perusahaan Jasa Akuntansi Bisa Membantu Anda

perusahaan jasa akuntansi

Bidang keuangan perusahaan menjadi salah satu yang terpenting karena bertugas mengatur keuangan dan membuat pembukuan. Tetapi jika perusahaan tersebut sulit membuat pembukuan, maka bisa mempercayakannya pada perusahaan jasa Akuntansi.

Sebuah perusahaan yang baik, pasti mempunyai tugas dan tanggung jawab yang baik bagi setiap karyawannya. Pada perusahaan besar, biasanya sudah memiliki beberapa bidang mulai dari keuangan, produksi sampai khusus yang menangani ekspor impor.

Bagi perusahaan kecil yang masih berkembang, sering ditemukan tidak adanya sumber daya khusus yang ditempatkan sesuai tugasnya. Padahal sebuah perusahaan harus memiliki bagian-bagian penting termasuk bagian keuangan yang mengatur keuangan perusahaan dan membuat pembukuan.

Tidak perlu khawatir, sebab kini banyak jasa akuntansi yang siap membantu perusahaan dalam menyusun pembukuan secara rapi dan jujur.

Kenapa Perusahaan Harus Memakai Jasa Akuntansi ?

Sebuah perusahaan membutuhkan SDM yang kompeten dan menguasai bidang sesuai tugas masing-masing. Pada perusahaan besar, biasanya sudah memiliki tim khusus yang bertugas mengelola keuangan termasuk bagian pembukuan.

Kegiatan pembukuan tidak hanya membutuhkan kemampuan dan keterampilan tetapi juga hasil yang mudah dipahami dan sesuai dengan keuangan perusahaan.

Sebuah jasa Akuntansi memang memiliki tugas yang lebih spesifik dan mendetail selain berkaitan dengan keuangan dan pembukuan. Adapun beberapa tugas tersebut diantaranya memberikan kepercayaan serta rasa aman bagi klien karena adanya payung hukum.

Selain itu, jasa Akuntansi juga bertugas sebagai alat untuk mengontrol sebagai penjaga mutu dari jasa Akuntansi. Jasa Akuntansi juga harus memberikan pelayanan sesuai kode etik yang berlaku.

Jika perusahaan Anda saat ini masih mengalami kesulitan pembukuan karena tidak memiliki SDM yang berkompeten dalam bidang Akuntansi, maka berikut beberapa alasannya kenapa Anda harus memakai perusahaan jasa Akuntansi.

1. Mengutamakan Profesionalitas
Jasa Akuntansi bisa memenuhi kebutuhan para akuntan yang akan ditempatkan di bagian keuangan sebuah perusahaan. Sebuah jasa Akuntansi biasanya memiliki SDM berkualitas yang mampu bekerja secara profesional.  Selain itu, tenaga yang profesional juga berupaya selalu memberikan pelayanan yang terbaik bagi klien.

2. Pembiayaan yang Flat
Dengan menyewa jasa Akuntansi bagi perusahaan, maka Anda harus membayar pembiayaan yang flat. Dimana pembiayaan untuk jasa tersebut berbeda dengan pembiayaan untuk gaji karyawan setiap bulan.

Biasanya karyawan digaji dengan batas tertentu dan diberikan berbagai tunjangan. Sedangkan jasa Akuntansi hanya disewa secara kontrak sehingga mereka tidak akan memperoleh tunjangan maupun kenaikan gaji. Tarif yang diberlakukan oleh jasa Akuntansi juga didasarkan pada kebutuhan perusahaan, misalnya untuk pembukuan.

3. Kerahasiaan
Jasa Akuntansi memang selalu dihubungkan dengan profesionalitas yang berkaitan dengan etika kerja serta kenyamanan perusahaan untuk menggunakan jasa tersebut.

Tidak sedikit perusahaan yang merasa sensitif terhadap jasa Akuntansi yang menangani pembukuan serta laporan keuangan perusahaan.

Dengan memilih jasa Akuntansi terbaik maka jasa tersebut berupaya menjaga rahasia keuangan perusahaan yang memang begitu sensitif. Selain itu, jasa tersebut juga berupaya mengerjakan tugas-tugasnya secara teliti agar hasilnya tepat dan sesuai permintaan perusahaan.

4. Perusahaan Tidak Memiliki Tanggung Jawab Khusus
Menggunakan jasa Akuntansi, tentu berbeda dengan mengangkat karyawan baru oleh perusahaan. Meski menggunakan jasa Akuntansi, perusahaan tidak perlu repot mengeluarkan biaya untuk jaminan asuransi dan lain sebagainya.

Biasanya biaya yang dikeluarkan sesuai dengan paket yang dipilih perusahaan. Jika jasa tersebut dapat menyelesaikan tugas-tugasnya dengan baik, maka Anda bisa memberikan bonus di belakang.

5. Hasil Laporan yang Sesuai Standar
Jasa Akuntansi berupaya mengerjakan pembukuan perusahaan secara profesional sehingga kebenaran dan kredibilitasnya lebih tinggi serta sesuai standar Akuntansi Keuangan. Selain itu, pembukuan keuangan dapat berjalan lancar karena benar-benar dikerjakan oleh ahlinya.

Pembukuan yang baik serta sesuai nantinya bisa dijadikan sebagai acuan untuk memperoleh investor.

6. Fokus Pada Pencapaian Target Bisnis
Dengan menggunakan jasa Akuntansi, maka perusahaan tidak perlu pusing memikirkan pembukuan maupun laporan keuangan lainnya. Sebab semua hal terkait pembukuan akan dikerjakan oleh jasa Akuntansi secara profesional.

Sehingga perusahaan bisa tetap fokus dalam mengembangkan bisnis tanpa harus membuang waktu maupun tenaga untuk menyusun sendiri pembukuan perusahaan.

Jenis Usaha yang Membutuhkan Jasa Akuntansi

Bila berbicara mengenai Akuntansi dan pembukuan maka pasti akan berkaitan dengan perusahaan. Sebetulnya tidak hanya perusahaan saja yang membutuhkan jasa Akuntansi.

Tetapi juga perseorangan, yayasan. Koperasi, Firma, CV dan lain-lain. Secara lebih jelasnya, berikut beberapa jenis perusahaan yang memerlukan jasa Akuntansi.

1. Perusahaan Bidang Jasa
Perlu Anda ketahui, bahwa hampir setiap perusahaan jasa di tanah air akan membutuhkan jasa Akuntansi. Dimana jasa tersebut biasanya diminta untuk melakukan audit keuangan perusahaan dan membuat pembukuan.

Jenis perusahaan bidang jasa yang sering menggunakan jasa Akuntansi antara lain jasa periklanan, jasa konstruksi, media dan lain-lain.

2. Perusahaan Dagang
Biasanya perusahaan dagang sudah memiliki karyawan yang bertugas mengurus bagian keuangan. Tetapi perusahaan dagang tersebut masih juga membutuhkan jasa Akuntansi.

Dimana tugas jasa tersebut yaitu berkaitan dengan Akuntansi secara spesifik serta manajemen agar keuangan perusahaan dapat dikelola secara lebih profesional.

3. Industri
Perusahaan manufaktur atau industri bergerak dalam bidang pengolahan bahan mentah menjadi barang siap pakai atau jadi. Sebuah industri juga membutuhkan jasa Akuntansi yang akan berperan untuk membuat berbagai laporan keuangan termasuk pembukuan.

Bagi perusahaan yang masih mengalami kesulitan untuk membuat pembukuan, kini telah hadir jasa Akuntansi yang siap membantu Anda menyusun pembukuan perusahaan.

Perusahaan Jasa Akuntansi ini memiliki berbagai kelebihan yang pasti sangat menguntungkan perusahaan Anda. Apalagi jasa ini tidak hanya melayani perusahaan saja, tetapi juga bidang-bidang usaha lainnya seperti usaha jasa, dagang hingga industri.

Posting Komentar untuk "Sulit Membuat Pembukuan? Perusahaan Jasa Akuntansi Bisa Membantu Anda"