Jenis Perusahaan Jasa di Indonesia Beserta Contohnya

jenis perusahaan jasa di indonesia

Bertambah tahun perusahaan jasa semakin berkembang bentuknya sesuai dengan keadaan zaman. Hubungan saling mempengaruhi antara perusahaan dan masyarakat berada dalam sisi yang saling membutuhkan. Sehingga jenis perusahaan juga semakin berkembang mengingat semakin banyak pula kebutuhan masyarakat.

Umumnya, perusahaan melakukan kegiatan produksi baik barang maupun jasa untuk menyediakan kebutuhan dari para klien. Namun ada juga ternyata perusahaan yang berorientasi pada kegiatan sosial saja, tanpa mengharapkan keuntungan.

Lalu apa saja jenis-jenis perusahaan yang bergerak di bidang jasa di negara kita? Dan apa saja contohnya? Temukan jawabannya pada artikel di bawah ini.

Jenis-Jenis Perusahaan Jasa Dan Contohnya

Perusahaan jasa memiliki dua unsur kata yang memiliki arti berbeda, yaitu perusahaan dan jasa. Perusahaan memiliki makna sebuah organisasi terstruktur yang diselenggarakan untuk mencapai tujuan tertentu. sedangkan jasa adalah produk abstrak yang dihasilkan dalam rangka memenuhi permintaan pasar.

Perusahaan jasa bisa diartikan sebagai jenis perusahaan yang bergerak untuk memproduksi jasa berupa layanan sesuai dengan jenisnya masing-masing. Oleh karena itu Anda harus mengetahui berbagai jenis perusahaan di bidang jasa berikut ini :

1. Perusahaan Bidang Jasa Keuangan

Keuangan adalah salah satu aspek penting dalam perekonomian negara kita. Keuangan berkaitan langsung dengan uang yang menjadi alat tukar utama di Indonesia, maupun di seluruh dunia. Perilaku masyarakat yang berkaitan langsung dengan peredaran uang seringkali menyebabkan mereka mengalami surplus maupun kekurangan jumlah uang.

Dalam arti lain, ada kalanya sebagian kecil kelompok masyarakat mengaku kekurangan uang. Dan ada juga yang bingung akan menginvestasikan uangnya dimana karena kelebihan uang. Nah, perusahaan yang bergerak di bidang jasa keuangan bertugas membantu masyarakat dalam hal pengelolaan finansial.

Berikut ini contoh perusahaan bidang jasa keuangan :

Bank konvensional atau syariah
Berbicara mengenai masalah perusahaan bidang jasa keuangan, bank tidak boleh luput dari perhatian. Bank yang menganut sistem konvensional maupun syariah membantu masyarakat dalam menyimpan dan menginvestasikan dana mereka.

Pegadaian konvensional atau syariah
Lembaga Pegadaian juga termasuk perusahaan bidang jasa keuangan, yang berfungsi untuk mengadakan pembiayaan serta menyediakan berbagai jenis jasa lain. Seperti halnya pembayaran tiket, tabungan emas, pembayaran listrik dan internet, serta masih banyak lainnya.

Perusahaan asuransi konvensional atau syariah
Perusahaan asuransi bisa dibilang sebagai lembaga yang bertugas mengelola investasi dana dan mengalokasikannya sesuai dengan perjanjian dengan nasabah.

2. Perusahaan Bidang Jasa Telekomunikasi

Perusahaan yang bergerak di bidang jasa telekomunikasi biasanya menangani masalah komunikasi dalam garis besar. Cakupan dari perusahaan yag bergeerak di bidang jasa ini cukup luas, meliputi jasa pengiriman barang, jasa penerjemah, jasa penulisan, dan lainnya.

Berikut ini contoh perusahaan bidang jasa telekomunikasi yang harus Anda tahu:

● Perusahaan bidang jasa penulisan
Penulisan menjadi salah satu ladang yang cukup besar bagi perusahaan, karena bidang ini sangat dibutuhkan terutama di bidang edukasi dan marketing.

● Perusahaan operator jaringan seluler
Sebuah ponsel tanpa kartu SIM memang tidak akan berfungsi dengan maksimal. Di sinilah peran operator jaringan seluler, mereka mengadakan layanan jasa telekomunikasi dengan objek pulsa dan kuota internet. Sehingga kita bisa berkomunikasi dengan lancar menggunakan handphone atau smartphone.

● Perusahaan bidang jasa kurir
Pada bidang jasa kurir, perusahaan seperti POS, JNE, dan lainnya menyelenggarakan kegiatan pengiriman barang sesuai dengan alamat yang telah tercantum.

3. Perusahaan Bidang Jasa Transportasi

Perusahaan yang bergerak di bidang jasa transportasi juga semakin berkembang. Mulai dari jasa transportasi darat, laut, hingga udara, semuanya memiliki kapasitas tersendiri.

Berikut ini contoh perusahaan yang bergerak di bidang jasa transportasi:

● Perusahaan transportasi jalur darat
Jalur yang dipakai oleh jenis perusahaan bidang jasa yang satu ini adalah jalur darat. Contoh nyata perusahaan jenis ini adalah PT KAI, Blue Bird Group (TAXI), perusahaan rental mobil dan lainnya.

● Perusahaan transportasi jalur laut
Berorientasi pada penyeberangan antar pulau maupun negara menggunakan laut, perusahaan transportasi jalur laut cukup banyak contohnya. Diantaranya adalah PELNI yang menjual tiket kapal laut, PT ASDP Indonesia Ferry, dan masih banyak lainnya.

● Perusahaan transportasi jalur udara
Perusahaan transportasi jenis ini juga memiliki fokus pada jalurnya sendiri, yaitu melalui jalur udara. Contoh perusahaan transportasi jalur udara adalah PT Citilink, PT Garuda Indonesia, dan lain sebagainya.

4. Perusahaan Bidang Jasa Kesehatan

Pelayanan jasa kesehatan semakin dibutuhkan dari hari ke hari, terlebih di masa pandemi COVID-19. Semua orang membutuhkan rumah sakit atau berbagai jenis perusahaan bidang jasa kesehatan lain untuk tetap dapat hidup sehat. Selain itu, mereka juga butuh pendampingan dari sisi kesehatan mental agar imunitas tubuh selalu terjaga.

Contoh dari perusahaan jasa kesehatan adalah:

● BPJS (Badan Penyedia Jaminan Sosial)
BPJS berfungsi untuk menyelenggarakan jaminan kesehatan berdasarkan kluster-kluster yang dimiliki oleh nasabah. Pada awalnya, BPJS memiliki nama Askes atau Asuransi Kesehatan.

● Rumah Sakit dan Puskesmas
Rumah Sakit dan Puskesmas adalah fasilitas kesehatan yang sangat diperlukan di setiap daerah. Rumah sakit pada umumnya memiliki skala tingkat kabupaten, sedangkan puskesmas ditempatkan di tiap kecamatan.

5. Perusahaan Bidang Jasa Pendidikan

Bidang jasa pendidikan tak luput dari perhatian para pengusaha, dan dijadikan ladang uang yang cukup strategis. Contoh dari perusahaan yang bergerak di bidang jasa pendidikan adalah lembaga bimbingan belajar atau Bimbel.

Itulah jenis-jenis perusahaan jasa di Indonesia yang harus Anda tahu. Dari uraian kami di atas, sudah jelas jika perusahaan yang bergerak di bidang tersebut selalu berkembang menyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel