Syarat Mendirikan Perusahaan Jasa Ekspedisi Pengiriman Barang

syarat mendirikan jasa ekspedisi

Ekspedisi menjadi bisnis yang kian menjamur karena semakin tingginya kebutuhan akan jasa ini. Apalagi dibarengi dengan peningkatan penjualan melalui media online membuat jasa ekspedisi memiliki prospek yang cerah kedepannya.

Jika anda berniat merintis jasa ekspedisi atau jasa kurir, anda perlu mengetahui terlebih dahulu syarat-syarat dalam mendirikan perusahaan jasa ekspedisi. Simak ulasan lengkapnya sebagai berikut.

Ruang Lingkup Kegiatan Usaha Ekspedisi

Jika mengacu pada Undang-undang, untuk mendirikan suatu jenis perusahaan jasa ekspedisi Anda memerlukan Surat Izin Usaha Jasa Pengurusan Transportasi (IUJPT) yang merupakan wewenang Menteri Perhubungan.

Kegiatan usaha yang wajib memiliki IUJPT ialah kegiatan ekspedisi dimana melibatkan proses pengiriman barang melalui transportasi laut, darat, transportasi udara, serta kereta api. Detail kegiatan usaha yang dimaksud seperti:

1. Penimbangan barang
2. Pengiriman dan penerimaan barang
3. Penandaan barang
4. Penyimpanan barang
5. Packing atau pengepakan barang
6. Sortasi untuk tiap jenis barang (seperti pecah belah, makanan, dokumen, barang berwujud cairan)
7. Klaim
8. Perhitungan biaya pengangkutan serta logistik
9. Penerbitan dokumen angkutan
10. Asuransi pengiriman barang
11. Pengelolaan pendistribusian
12. Pengurusan penyelesaian dokumen seperti persuratan dari bea cukai atau dari pihak lain yang terkait
13. Pemesanan ruangan pengangkut
14. Penyediaan e-commerce atau perdagangan online
15. Penyediaan layanan untuk bidang logistik di pasar nasional maupun internasional
16. Penyelesaian tagihan dan biaya tambahan lainnya yang diperlukan
17. Penyediaan sistem informasi dan komunikasi
18. Jasa kurir barang khusus yang sesuai dengan aturan perundang-undangan
19. Pengangkut kontraktual

Bentuk jasa ekspedisi di Indonesia ada empat jenis, diantaranya:

1. Full truck load (FTL)
Jenis layanan yang menggunakan satu truk khusus oleh perusahaan ekspedisi untuk tujuan pengiriman barang. pemilihan jenis truk disesuaikan dengan kapasitas dan berat barang yang akan dikirimkan.

2. Less than Truckload (LTL)
Jenis layanan pengiriman yang menggabungkan pengiriman banyak barang dari beberapa pelanggan. Dengan sistem pengiriman ini pelanggan bisa mendapatkan harga yang lebih murah dan penyedia jasa memperoleh keuntungan yang optimal.

3. Pengiriman Barang Lewat Laut
Barang yang dikirim lewat laut biasanya menggunakan kontainer yang juga terdiri dari dua jenis pilihan yaitu Full Charter Load dan Less Than Container Load yang prinsipnya sama dengan jenis pengiriman menggunakan truk.

4. Pengiriman barang lewat udara
Pengiriman jenis ini mengutamakan kecepatan dalam proses pengiriman barang. tentunya kecepatan pengiriman dibarengi dengan tarif yang lebih mahal.

Detail atau spesifikasi mengenai kegiatan usaha sangat diperlukan untuk mengurus izin perusahaan jasa ekspedisi. Surat IUJPT biasanya dikeluarkan oleh Gubernur Provinsi di kota setempat serta dari BKPM jika perusahaan joint venture atau istilah umumnya penanaman modal asing.

Dokumen Administratif yang Dibutuhkan

Dokumen administratif yang menjadi persyaratan untuk pengurusan IUJPT yang mesti anda lengkapi diantaranya:

1. Surat permohonan yang dilengkapi materai
2. Identitas penanggung jawab/pemilik
3. Menyertakan NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak)

4. Akta pendirian perusahaan yang diperoleh dari notaris serta telah disahkan oleh KEMENKUMHAM atau instansi yang berwenang.

5. Memiliki modal dasar minimal yaitu sekitar Rp.1,2 M. Kemudian 25% dari modal dasar harus disetor dengan bukti penyetoran yang sah atau dapat pula diaudit oleh kantor akuntan publik

6. Memiliki surat keterangan domisili perusahaan yang dikeluarkan oleh pejabat yang berwenang

7. Memiliki tenaga ahli WNI yang telah memiliki ijazah minimal D3 pada bidang pelayaran atau penerbangan atau transportasi atau IATA Diploma atau FIATA Diploma, S1 Logistik atau sertifikat kompetensi profesi di Bidang Forwarder atau Manajemen Supply Chain atau sertifikat ahli Kepabeanan atau Kepelabuhanan (alternatif atau kumulatif)

8. Memiliki Sertifikat kepemilikan atas gedung kantor sendiri atau bukti sewa atas gedung paling sedikit 2 (dua) tahun

9. Proposal teknis yang dilengkapi dengan: Keterangan memiliki atau menguasai kendaraan operasional minimal roda 4 yang dibuktikan dengan bukti kepemilikan atau sewa yang sah; Keterangan memiliki atau menguasai lahan parkir atau pool; Keterangan memiliki sistem sarana peralatan perangkat lunak dan keras serta sistem informasi dan komunikasi yang terintegrasi dengan sistem informasi transportasi darat, laut, udara, perkeretaapian sesuai dengan perkembangan teknologi.

Hal Penting dalam Membangun Jasa Ekspedisi

Dari beberapa persyaratan yang harus dipenuhi untuk mendirikan perusahaan ekspedisi. Hal penting yang harus anda perhatikan adalah modal yang sangat besar karena banyaknya jumlah kendaraan darat yang harus disediakan.

Belum lagi biaya untuk menjalin kerjasama dengan bagian perhubungan laut dan udara agar membantu anda mengirim barang lewat kedua jalur tersebut. Yang tidak kalah penting juga adalah masalah terkait legalitas dan perizinan untuk menjamin kelancaran bisnis ekspedisi anda.

Perusahaan ekspedisi barang seperti JNE sudah sangat banyak di Indonesia. Olehnya itu, hal penting yang mesti anda perhatikan yaitu terkait persaingan dengan perusahaan ekspedisi lainnya.

Terutama dengan perusahaan ekspedisi yang mengedepankan dan mengadaptasi IT dalam sistem pelayanan yang digunakan. Untuk itu, anda perlu mempertimbangkan untuk mengintegrasikan IT dan berinvestasi dari awal.

Sistem ekspedisi yang semakin modern dan canggih akan membangun kepercayaan konsumen pada perusahaan ekspedisi anda. Agar perusahaan anda mampu bersaing dengan perusahaan ekspedisi yang lain, caranya:

1. Promosi jangan hanya mengandalkan penyebaran info dari mulut ke mulut. Maksimalkan promosi lewat media sosial, kalau perlu buatlah website perusahaan sendiri agar konsumen lebih mudah menemukan bisnis anda.

2. Lokasi pendirian perusahaan Anda menjadi hal urgen yang perlu diperhatikan. selain itu jenis alat transportasi apa saja yang akan digunakan untuk pengiriman barang. Anda bisa sesuaikan dengan berat maksimal barang yang perusahaan anda bisa tangani.

3. Menentukan jenis barang yang akan dikirim. Dengan kata lain, Anda harus menentukan jasa pengiriman barang yang Anda gunakan akan melayani pengiriman jenis barang apa saja.

4. Menentukan besar nominal biaya pengiriman barang serta biaya-biaya tambahan lainnya yang harus dibayarkan pada saat pengiriman.

Itulah beberapa persyaratan yang harus anda penuhi untuk mendirikan perusahaan jasa pengiriman barang. Informasi di atas dapat membantu anda dalam menyiapkan berbagai hal terkait pendirian perusahaan ekspedisi.

Posting Komentar untuk "Syarat Mendirikan Perusahaan Jasa Ekspedisi Pengiriman Barang"