Syarat dan Keuntungan Mendirikan Perusahaan Jasa Kebersihan

perusahaan jasa kebersihan

Bisnis jasa kebersihan atau yang biasa disebut sebagai jasa cleaning service, memang masih cukup jarang keberadaannya di Indonesia. Meski hanya layanan bersih-bersih saja, namun sebenarnya perusahaan jasa tersebut sangat dicari dan dibutuhkan.

Apabila anda memiliki keinginan untuk membuka bisnis di bidang jasa, maka jasa cleaning service bisa dijadikan pilihan yang tepat. Peluang suksesnya masih terbuka sangat lebar, khususnya di Indonesia.

Macam macam Perusahaan Jasa Kebersihan

Sebelum anda terjun untuk mendirikan perusahaan yang bergerak di bidang jasa, ada baiknya pahami dulu macam-macamnya. Bahwasannya jasa kebersihan dibagi menjadi 5 macam yakni:

1. General Cleaning
Merupakan jasa kebersihan yang sifatnya sewaktu-waktu dan tidak terikat. Dimana layanan kebersihan ini hanya hadir ketika dipanggil saja. Begitu pekerjaannya sudah selesai, mereka tidak akan kembali sampai anda membutuhkannya dan memanggilnya lagi.

General cleaning ini memiliki cakupan yang lumayan kecil. Biasanya target pasarnya hanya sebatas perumahan saja. Nggak heran, jenis jasa kebersihan ini rata-rata dikelola oleh perorangan saja. Dimana, mereka membuka layanan kebersihan ini untuk usaha sampingan.

2. Home Cleaning
Merupakan jasa kebersihan yang paling banyak dipakai, khususnya bagi orang-orang yang memiliki aktivitas padat setiap harinya. Home cleaning hadir untuk menggantikan tugas anda dalam bersih-bersih rumah, sampai jangka waktu yang sudah ditentukan. Biasanya berkisar dari 4 bulan sampai 1 tahun, tergantung kebutuhan.

Layanan kebersihan yang satu ini juga lebih sering dijalankan oleh perorangan. Namun ada beberapa jenis perusahaan jasa yang menawarkan layanan home cleaning ini. Mereka menyediakan jasa bersih-bersih perorangan yang terjamin dan bersertifikat. Namun untuk harga, jelas berbeda dengan layanan home cleaning perorangan.

3. Specialized Cleaning
Hampir sama dengan general cleaning. Jasa kebersihan ini bersifat sewaktu-waktu dan tidak terikat. Hanya saja, perusahaan jenis ini melakukan layanan bersih-bersihnya di area tertentu saja. Misalnya, anda membutuhkan specialized cleaning untuk membersihkan kamar mandi.

Maka jasa kebersihan tersebut hanya akan membersihkan area kamar mandi tapi dengan cara yang sangat detail. Mulai dari wc, bak mandi, dinding, lantai, rak tempat alat-alat mandi dan sebagainya. Selain itu, jasa specialized cleaning ini juga bisa diminta untuk membersihkan satu properti secara khusus. Proses pembersihan yang memiliki banyak detail-detail khusus untuk dibersihkan.

4. Commercial Cleaning
Terakhir ada commercial cleaning. Layanan kebersihan ini memiliki jobdesk untuk membersihkan gedung atau ruangan dengan ukuran besar yang sifatnya komersial. Misalnya seperti gedung bioskop, kantor, hotel, dan lain sebagainya.

Jenis layanan kebersihan ini merupakan yang paling dibutuhkan di Indonesia. Biasanya, perusahaan yang menjual jasa kebersihan bisa menurunkan puluhan orang sekaligus untuk melakukan layanan kebersihan. Hal tersebut menjadi satu peluang yang membuat bisnis jasa kebersihan ini mampu meraup untung banyak.

Keuntungan Mendirikan Perusahaan Jasa Kebersihan

Mendirikan perusahaan yang bergerak di bidang jasa, memang memiliki peluang sukses yang cukup besar. Apalagi layanan jasa kebersihan atau biasa disebut dengan jasa cleaning service. Berikut beberapa keuntungan yang bisa anda rasakan jika memiliki bisnis jasa kebersihan.

1. Tidak Butuh Modal Besar
Modal merupakan salah satu hal yang wajib dipertimbangkan ketika ingin membangun sebuah perusahaan. Anda harus memperhitungkan apakah persentase keuntungan bisa lebih besar dari modal yang dikeluarkan. Khusus untuk bisnis jasa kebersihan, anda tidak perlu mengeluarkan modal yang besar seperti perusahaan jasa ekspedisi.

Hanya dengan modal minim berkisar di angka Rp 5 jutaan saja, anda sudah bisa membangun bisnis jasa kebersihan. Bahkan berdasarkan pengalaman, ada yang membangun bisnis jasa cleaning service dengan bermodalkan Rp500 ribu saja. Bukankah itu merupakan keuntungan yang sayang untuk dilewatkan?

2. Mudah Dijalankan
Anda pasti paham bahwa terjun ke dunia bisnis tentu tidaklah mudah. Dibutuhkan perencanaan dan pemikiran yang matang untuk membuat bisnis tersebut maju. Namun, khusus untuk bisnis jasa cleaning service anda tak perlu mengkhawatirkan hal tersebut. Perusahaan jenis ini terbilang mudah dijalankan. Anda bahkan tak memerlukan keahlian khusus untuk membuka bisnis yang satu ini.

Semua peralatan yang dipakai untuk mendukung layanan ini bisa dipelajari dengan cepat. Misalnya belajar untuk mengoperasikan vacuum cleaner, blower, polisher dan lain-lain. Hanya berbekal buku panduan saja, anda sudah bisa menjadi ahli cleaning service yang profesional.

3. Balik Modal dalam Waktu Singkat
jika masih ragu mendirikan perusahaan yang bergerak dibidang jasa kebersihan, ada baiknya pertimbangkan keuntungan ini. Bisnis yang satu ini memiliki peluang balik modal yang cukup tinggi. Bahkan hanya dalam hitungan bulan saja, anda sudah bisa menikmati laba perusahaan.

Tentu saja untuk mencapai titik tersebut, dibutuhkan kerja sama tim yang kompak. Namun dibandingkan dengan bisnis jasa lainnya, jasa cleaning service merupakan bisnis yang paling banyak menawarkan keuntungan. Apakah anda masih ragu mendirikan perusahaan jenis ini?

Syarat Mendirikan Perusahaan Jasa Kebersihan

Jika anda sudah yakin untuk membuka jasa kebersihan, selanjutnya pahami syarat-syarat yang ditentukan. Berikut syarat-syarat untuk mendirikan perusahaan yang bergerak di bidang jasa kebersihan.

1. Siapkan Modal dan Produk yang Dibutuhkan
Setiap perusahaan pasti membutuhkan modal dan produk yang mendukung jasa anda. Namun seperti yang dijelaskan di atas, modal yang dikeluarkan tidak terlalu besar. Dan juga produk yang dibutuhkan tak perlu harus yang bagus. Anda bisa memperbaiki kualitasnya seiring berjalannya waktu.

2. Memiliki Beberapa Staf/Karyawan
Sebuah perusahaan tentu harus memiliki staff atau karyawan untuk dipekerjakan. Namun di awal-awal, anda hanya perlu merekrut beberapa karyawan saja untuk memenuhi persyaratan.

3. Daftarkan ke Lembaga Resmi
Anda harus mendaftarkan perusahaan ke lembaga resmi yang berwenang. Ini merupakan syarat terakhir yang wajib anda jalani. Perusahaan anda akan mendapat kepercayaan publik ketika sudah legal dan memiliki sertifikasi resmi.

Perusahaan jasa kebersihan mampu menghasilkan omset yang cukup besar. Hanya dengan modal kecil, anda bisa sukses lewat bisnis tersebut.

Posting Komentar untuk "Syarat dan Keuntungan Mendirikan Perusahaan Jasa Kebersihan"