Inilah Keuntungan Mendirikan Perusahaan Jasa Boga

perusahaan jasa boga

Jasa boga merupakan salah satu jenis jasa yang melayani kebutuhan di bidang kuliner, baik makanan maupun minuman. Jenis usaha yang satu ini kerap dikatakan sebagai bisnis yang tak ada matinya. Nggak heran, saat ini para wirausahawan saling berlomba mendirikan perusahaan jasa boga di Indonesia.

Perbedaan Jasa Boga dan Tata Boga

Banyak orang salah arti mengenai jasa boga dan tata boga. Kedua istilah tersebut sering dikatakan sama. Padahal sebenarnya, jasa boga dan tata boga memiliki perbedaan definisi yang cukup mendasar. Berikut perbedaan antara jasa boga dan tata boga.

1. Jasa Boga
Seperti yang sudah dijelaskan pada awal paragraf, jasa boga lebih menitik beratkan pada layanan dibidang kuliner. Jasa tersebut lebih dikenal dengan istilah catering. Jobdesk yang harus dijalani seputar layanan untuk menyiapkan dan menyajikan makanan/minuman yang telah dipesan oleh konsumen.

2. Tata Boga
Sedangkan tata boga lebih diartikan sebagai jurusan yang dibuat untuk mendalami ilmu di bidang kuliner. Ilmu yang dimaksud lebih mengarah ke sebuah seni yang dilakukan dalam memasak, menyiapkan, hingga menghidangkan makanan. Ilmu tata boga biasanya diajarkan di sekolah khusus masak, atau SMK jurusan pariwisata atau perhotelan.

Jenis jenis Jasa Boga

Sebelum mendirikan perusahaan jasa boga, ada baiknya anda pahami betul jenis-jenis yang ada. Mulai dari lingkup industri kecil sampai besar. Dari informasi tersebut, anda bisa memutuskan ingin memperdalam bisnis jasa boga di industri apa. Berikut jenis-jenis jasa boga yang wajib anda tahu.

1. Catering Prasmanan
Merupakan jenis jasa boga yang paling dikenal oleh masyarakat luas. Dimana pihak perusahaan menghidangkan sejumlah makanan atau minuman yang sudah dipesan, berjejer diatas meja prasmanan. Biasanya pemesan meminta beberapa karyawan untuk melayani penyajian di meja prasmanan, namun ada juga yang tidak.

Beberapa pemesan justru lebih suka jika pihak catering mengatur makanan dibalik layar saja. Menyajikan makanan tambahan jika sudah habis, kemudian membereskan perlengkapan makanan ketika acara sudah selesai. Jenis catering prasmanan sering dipesan untuk acara-acara pernikahan di rumah atau di hotel, perayaan ulang tahun ataupun rapat di kantor.

2. Catering Dine-in
Jasa boga yang satu ini memberikan layanan makanan/minuman langsung kerumah. Dimana pihak pemesan bisa merasakan suasana seperti di cafe ataupun Restoran. Layanan jasa berikut cocok bagi anda yang ingin mengadakan acara dirumah dan mengundang banyak tamu.

Anda tak perlu repot-repot masak, jasa catering dine-in siap menghidangkan makanan untuk semua tamu yang datang  ke rumah.

3. Private Catering
Hampir mirip dengan catering dine-in, private catering juga bisa direquest untuk datang kerumah. Membuat suasana rumah menjadi seperti di cafe atau restoran. Hanya saja, layanan yang diberikan lebih bersifat personal/private. Dimana ada hanya ada 1 cheff khusus yang siap memasak dan menghidangkan makanan di meja anda.

Layanan privat catering ini biasanya digunakan untuk melayani acara dinner romantis, kejutan anniversary, dan perayaan lainnya. Mulai dari proses memasak, penyajian makanan hingga menu makanan semua dilayani dan diatur oleh 1 cheff khusus.

4. Self Service Catering
Sesuai dengan namanya, perusahaan jasa jenis ini hanya melayani penyediaan masakan atau makanan sesuai yang dipesan saja. Selanjutnya, pihak pemesan akan menghidangkan makanan dan melayani tamunya secara pribadi. Biaya yang ditanggung juga lebih murah karena jasa yang dibayar hanya jasa masak dan sewa peralatan saja.

Anda yang memakai jasa boga self service catering ini bisa menghemat biaya cukup besar. Namun sayangnya, layanan self serving catering ini dinilai tidak efektif jika tamu yang diundang jumlahnya cukup banyak.

5. Catering Nasi Kotak
Jenis jasa boga yang terakhir adalah jasa catering nasi kotak. Dimana pihak perusahaan menghidangkan makanan yang terbungkus dengan kemasan kotak. Pemilik bisnis tak perlu repot melayani tamu karena makanan yang disajikan sudah sesuai dengan porsinya masing-masing.

Diantara semua jenis jasa boga yang ada, hanya jasa ini yang berada dalam lingkup industri kecil. Walau begitu, modal yang dikeluarkan catering nasi kotak lebih sedikit dibanding jenis jasa boga lainnya. Jadi, anda mau buka bisnis jasa boga yang mana?

Keuntungan Mendirikan Perusahaan Jasa Boga

Dengan mendirikan jenis perusahaan jasa yang bergerak di bidang jasa boga, anda akan mendapat keuntungan yang cukup banyak. Jika dibandingkan dengan usaha jasa lainnya, jasa boga memiliki peluang sukses yang cukup tinggi. Berikut keuntungan punya bisnis jasa boga/catering.

1. Jadi Bos di Perusahaan Sendiri
Siapa yang tidak mau jadi bos? Bisa bikin peraturan sendiri dan mendapat penghasilan yang tak terhingga. Inilah keuntungan pertama yang bisa anda rasakan ketika buka bisnis jasa boga/catering. Anda bisa menjadi bos di perusahaan yang anda bangun sendiri. Pasti sangat menyenangkan rasanya, bukan?

2. Bisa Tentukan Pendapatan Sendiri
Disaat yang lain selalu merasa kekurangan dengan gaji yang diperoleh, anda justru memiliki pendapat sendiri yang nominalnya bisa ditentukan. Dengan memahami metode yang tepat, anda bisa memperoleh penghasilan sendiri dengan angka yang cukup tinggi.

Apalagi jika omset jasa boga yang anda bangun sudah menghasilkan laba yang tinggi. Pendapatan yang ditetapkan, bisa semakin bertambah besar. Sangat menguntungkan bukan?

3. Berkesempatan Menjalani Bisnis yang Menyenangkan
Makan merupakan salah satu kegiatan yang bisa bikin seseorang senang. Dengan mendirikan bisnis jasa catering, anda berkesempatan untuk melakukan pekerjaan yang membuat anda senang. Apalagi jika passion anda adalah kuliner atau memasak. Tidak ada hal yang perlu diragukan lagi untuk membuka bisnis jasa boga.

Mungkin mendirikan perusahaan jasa boga butuh sedikit usaha lebih untuk awalannya. Modal serta peralatan untuk mendukung jasa tersebut. Namun jika jasa boga anda sudah memiliki nama, uang akan mengalir meski anda hanya duduk dirumah seharian.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel